Halaman

Rabu, 04 September 2013

PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN,PERSEMBAHAN KHUSUS DAN BUAH SULUNG

Maleakhi adalah nabi perjanjian lama yang mengajarkan isi hati Tuhan untuk umat Tuhan kembali ke jalan-jalan-Nya. Maleakhi 1-4 adalah pesan Tuhan terakhir sebelum masuk ke perjanjian baru. Pada waktu itu orang Israel hidup dibawah kutuk. Mereka hidup dalam kemelaratan karena menyembah allah-allah lain. Salah satu dosa di Perjanjian Lama yang ditulis oleh Nabi Maleakhi adalah mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus. Dimana umat Tuhan mengambil dan menahan harta Tuhan sendiri, akibatnya Tuhan menyebut mereka “rampok”.
Maleakhi 3: 6-9 “Bahwasanya Aku, TUHAN, tidak berubah, dan kamu, bani Yakub, tidak akan lenyap…. Sejak zaman nenek moyangmu kamu telah menyimpang dari ketetapan-Ku dan tidak memeliharanya. Kembalilah kepada-Ku, maka Aku akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami harus kembali?” Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: “Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?” Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus! Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa! Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan. Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu dan supaya jangan pohon anggur di padang tidak berbuah bagimu, firman TUHAN semesta alam. Maka segala bangsa akan menyebut kamu berbahagia, sebab kamu ini akan menjadi negeri kesukaan, firman TUHAN semesta alam.”
Rumah perbendaharaan adalah gereja lokal dimana Anda mendapat makanan rohani. Persembahan khusus adalah segala sesuatu di luar persepuluhan yaitu buah sulung, persembahan diakonia, persembahan ucapan syukur. Tuhan mengingatkan hukum persepuluhan pada orang Israel supaya mereka dilepaskan dari kutuk. Jika Anda menghormati hukum-hukumnya Tuhan, maka :
1. Tingkap surga terbuka
2. Berkat berkelimpahan akan mengejar Anda
3. Belalang pelahap akan dihardik malaikat Tuhan (ayat 11)
4. Hasil tanahmu, keuntungan bisnismu akan dijaga Tuhan
5. Keluarga sampai anak cucu Anda akan diberkati Tuhan
6. Segala bangsa akan menyebutmu berbahagia
7. Dimana Anda berada, Anda akan mendapatkan teman.
Dosa pertama yang dilakukan oleh manusia adalah dosa di Taman Eden. Dimana Tuhan berfirman untuk manusia tidak memakan buah pengetahuan baik dan jahat. Kita adalah pengurusnya Tuhan. Pohon pengetahuan yang baik dan jahat adalah sepersepuluh bagian dari seluruh tanaman yang dipercayakan pada manusia itu. Manusia jatuh dalam dosa karena mengambil hak yang menjadi miliknya Allah. Itu dosa pertama yang dilakukan oleh manusia. Manusia tidak setia dengan kepengurusan yang Tuhan berikan.
Persembahan Persepuluhan hanya membuka tingkap-tingkap surga tetapi persembahan khusus yang membuat Anda dilimpahkan dengan kekayaan. Anda tidak bisa hidup dengan berkat kelimpahan tanpa tingkap-tingkap surga terbuka. Oleh sebab itu di kitab Maleakhi disebutkan dua persembahan yaitu Persembahan Persepuluhan dan Persembahan Khusus.
PERSEMBAHAN PERSEPULUHAN
Ibrani 7:1-7 “Sebab Melkisedek adalah raja Salem dan imam Allah Yang Mahatinggi; ia pergi menyongsong Abraham ketika Abraham kembali dari mengalahkan raja-raja, dan memberkati dia. Kepadanya pun Abraham memberikan sepersepuluh dari semuanya. Menurut arti namanya Melkisedek adalah pertama-tama raja kebenaran, dan juga raja Salem, yaitu raja damai sejahtera. Ia tidak berbapa, tidak beribu, tidak bersilsilah, harinya tidak berawal dan hidupnya tidak berkesudahan, dan karena ia dijadikan sama dengan Anak Allah, ia tetap menjadi imam sampai selama-lamanya. Camkanlah betapa besarnya orang itu, yang kepadanya Abraham, bapa leluhur kita, memberikan sepersepuluh dari segala rampasan yang paling baik. Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, menurut hukum Taurat, untuk memungut persepuluhan dari umat Israel, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham. Tetapi Melkisedek, yang bukan keturunan mereka, memungut persepuluhan dari Abraham dan memberkati dia, walaupun ia adalah pemilik janji. Memang tidak dapat disangkal, bahwa yang lebih rendah diberkati oleh yang lebih tinggi.”
Salem artinya syaloom. Imam Allah yang Mahatinggi adalah Melkisedek yang adalah Yesus. Lewi adalah lambang imam. Suku lewi di perjanjian baru adalah kita. Juga kita adalah keturunan-keturunan Abraham melalui Yesus Kristus. Jadi dengan kata lain, persepuluhan berlaku dalam perjanjian baru, bukan hanya di perjanjian lama. Tidak semua persepuluhan dan persembahan khusus diterima Tuhan. Persembahan persepuluhan yang membuka tingkap-tingkap surga adalah persepuluhan yang dilakukan dari hati yang menghormati perintah Tuhan yaitu hati dengan belas kasihan.
Matius 23:23-24 “Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari selasih, adas manis dan jintan kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam hukum Taurat kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu harus dilakukan dan yang lain jangan diabaikan.”
Orang Farisi adalah orang yang mentaati perintah Tuhan supaya dilihat orang. Yesus berbicara pada orang Farisi bahwa mereka tidak bisa melakukan perpuluhan tapi tidak memiliki belas kasihan, keadilan, dan kesetiaan. Kedua-duanya harus dilakukan. Anda dapat memberikan persembahan tetapi Anda tidak menerima tuaian karena kantong persembahan menerimanya tetapi Tuhan tidak menerima, padahal yang membuka tingkap-tingkap surga dan yang melipat gandakan adalah Tuhan.
PERSEMBAHAN KHUSUS
Imamat 27:1-2, 9, 14-15 “TUHAN berfirman kepada Musa: “Berbicaralah kepada orang Israel dan katakan kepada mereka: Apabila seorang mengucapkan nazar khusus kepada TUHAN mengenai orang menurut penilaian yang berlaku untuk itu. Jikalau itu termasuk hewan yang boleh dipersembahkan sebagai persembahan kepada TUHAN, maka apapun dari pada hewan itu yang dipersembahkan orang itu kepada TUHAN haruslah kudus. Janganlah ia menggantinya dan janganlah ia menukarnya, yang baik dengan yang buruk atau yang buruk dengan yang baik. Tetapi jikalau ia menukar juga seekor hewan dengan seekor hewan lain, maka baik hewan itu maupun tukarnya haruslah kudus. Apabila seorang menguduskan rumahnya sebagai persembahan kudus bagi TUHAN, maka imam harus menetapkan nilainya menurut baik atau buruknya, dan seperti nilai yang ditetapkan imam demikianlah harus dipegang teguh. Tetapi jikalau orang yang menguduskan itu mau menebus rumahnya, maka ia harus menambah harganya dengan seperlima dari uang nilainya dan rumah itu menjadi kepunyaannya pula.”
Berikan yang terbaik buat Tuhan. Dan jika Anda akan memberikan persembahan tetapi Anda perlu uang tunai sehingga Anda menukarnya dengan barang, hal ini dapat diberikan dengan syarat Anda harus memberikan dengan tambahan seperlimanya. Ini adalah hukum Tuhan.
PERSEMBAHAN BUAH SULUNG
Ulangan 26:1-11″Apabila engkau telah masuk ke negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu menjadi milik pusakamu, dan engkau telah mendudukinya dan diam di sana, maka haruslah engkau membawa hasil pertama dari bumi yang telah kau kumpulkan dari tanahmu yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, dan haruslah engkau menaruhnya dalam bakul, kemudian pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu, untuk membuat nama-Nya diam di sana. Oleh sebab itu, di sini aku membawa hasil pertama dari bumi yang telah Kauberikan kepadaku, ya TUHAN. Kemudian engkau harus meletakkannya di hadapan TUHAN, Allahmu; engkau harus sujud di hadapan TUHAN, Allahmu, dan haruslah engkau, orang Lewi dan orang asing yang ada di tengah-tengahmu bersukaria karena segala yang baik yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu dan kepada seisi rumahmu.”
Segala sesuatu yang pertama Anda terima adalah buah sulung. Tuhan tidak melihat nilainya tetapi Tuhan melihat sikap hati Anda. Pada waktu Anda memberikan buah sulung, artinya Anda menghormati Tuhan dan Tuhan akan menjaga serta mengatur semua milik Anda. Jika Anda menghormati Tuhan, Tuhan akan menghormati Anda.
“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” ( Matius 6:33 )

Oleh : Pdt. Indri Gautama
Maria Magdalena Ministries

14 komentar:

  1. apa saja yang masuk persembahan sulung??? semua pendapatan kita dibulan january. Apakh bonus masuk juga??? secara bonus didapat dibln january juga

    BalasHapus
  2. setiap kapankah kita memberikan persepuluhan?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Ini msk theology kemakmuran,bicaranya soal berkat materi,kekayaan,harta melimpah.
    Beberapa tokoh theology kemakmuran sdh bertobat.
    F.T "Jng kamu bersusah payah utk menjadi kaya,tinggalkan niatmu" "Jng kamu mengumpulkan harta di dunia"Jng kamu cintai dunia ini serta yg ada d dlmnya,org yg cinta dunia kasih BAPA tdk ada pada org itu" "Buat apa kamu memiliki dunia serta isinya,tapi kamu kehilangan nyawamu" "TUHAN TDK CINTA KPD ORG KAYA,Karena umumnya org kaya lebih cinta kekayaannya daripada kpd TUHAN. TUHAN HANYA CINTA ORG YG KAYA IMAN WALAU DIA MISKIN,SEPERTI Janda miskin ,Lazarus,Janda miskin,jemaat SMIRNA,Jemaat miskin harta tapi kaya iman.

    BalasHapus
  5. "Janganlah kamu menambahi apa yang kuperintahkan kepadamu dan janganlah kamu menguranginya, dengan demikian kamu berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan kepadamu."
    (Ulangan 4:2)

    BalasHapus
  6. Persepuluhan termasuk dalam HUKUM TAURAT

    DITUJUKAN UNTUK UMAT ISRAEL.....

    (Ibrani 7:5)
    Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, MENURUT HUKUM TAURAT, untuk MEMUNGUT PERSEPULUHAN DARI UMAT ISRAEL, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.

    BalasHapus
  7. (Maleakhi 3:8-10)

    8) Bolehkah manusia menipu Allah? Namun kamu menipu Aku. Tetapi kamu berkata: "Dengan cara bagaimanakah kami menipu Engkau?" Mengenai persembahan persepuluhan dan persembahan khusus!

    9)Kamu telah kena kutuk, tetapi kamu masih menipu Aku, ya kamu seluruh bangsa!

    10) Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu KE DALAM RUMAH PERBENDAHARAAN, supaya ada PERSEDIAAN MAKANAN di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

    ------------------------------------------

    Kutipan ini menunjukkan kepada bangsa Israel kuno dimana mereka ada dibawah HUKUM TAURAT. Saat itu umat Tuhan menahan persepuluhan dan persembahan mereka. ketika Israel menahan pajak (persepuluhan mereka) maka mereka sedang mencuri dari Allah yang telah mewajibkan sistem persepuluhan tersebut.

    Tuhan lalu memerintahkan umat Israel untuk membawa persepuluhan mereka ke mana?
    > RUMAH PERBENDAHARAAN, lokasinya ada dalam ruangan bait suci. Ruangan tersebut disediakan untuk menyimpan persepuluhan.

    Dalam bentuk apa persepuluhan umat Israel?
    > Dalam bentuk hasil-hasil pertanian, BUKAN UANG)

    Digunakan untuk apa?
    > untuk mendukung ORANG LEWI, ORANG MISKIN, ANAK YATIM-PIATU, ORANG ASING dan para JANDA.

    PERHATIKAN Maleakhi 3:5 Tuhan memberi peringatan dengan berkata bahwa Dia akan menghukum orang yang menindas para janda, anak piatu dan orang asing.

    Janda-janda, anak piatu dan orang asing adalah mereka yang PALING BERHAK MENERIMA PERSEPULUHAN. Karena Israel menahan persepuluhan mereka maka mereka bersalah telah menindas tiga kelompok orang tersebut.

    -----------------------------------------

    dan satu hal PENTING yaitu bahwa kitab Maleakhi DITUJUKAN UNTUK ORANG ISRAEL!

    (Maleakhi 1:1)
    Ucapan ilahi. Firman Tuhan KEPADA ISRAEL dengan perantaraan Maleakhi.

    BalasHapus
  8. (Matius 23:23) & (Lukas 11:42)
    Celakalah kamu, hai ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi, hai kamu orang-orang munafik, sebab persepuluhan dari SELASIH, ADAS MANIS dan JINTAN kamu bayar, tetapi yang terpenting dalam HUKUM TAURAT kamu abaikan, yaitu: keadilan dan belas kasihan dan kesetiaan. Yang satu HARUS dilakukan dan yang lain JANGAN DIABAIKAN.

    *******

    Dalam bentuk apa persepuluhan dalam Matius 23:23?
    - SELASIH, ADAS MANIS, dan JINTAN ...... BUKAN uang!

    Itu Tuhan berbicara kepada siapa dalam Matius 23:23?
    - Para ahli taurat & orang2 Farisi... Jadi siapakah yang "HARUS" melakukan persepuluhan?

    Mengapa Tuhan berkata "celakalah" / mengutuk dalam Matius 23:23?
    - karena Tuhan MUAK dengan KEMUNAFIKAN mereka melakukan persepuluhan TAPI MENGABAIKAN KEADILAN, BELAS KASIH, dan KESETIAAN (silahkan anda baca sendiri keseluruhan perikop).

    Termasuk hukum apakah persepuluhan dalam Matius 23:23?
    - HUKUM TAURAT

    -----------------------------
    (Ibrani 7:5)
    Dan mereka dari anak-anak Lewi, yang menerima jabatan imam, mendapat tugas, MENURUT HUKUM TAURAT, untuk MEMUNGUT PERSEPULUHAN DARI UMAT ISRAEL, yaitu dari saudara-saudara mereka, sekalipun mereka ini juga adalah keturunan Abraham.

    BalasHapus
  9. dari ALKITAB SETEBAL itu...... TIDAK SATUPUN AYAT yg menuliskan bahwa praktek persepuluhan dilakukan dalam bentuk uang.... satu2nya ayat yg menghubungkan persepuluhan dengan uang adalah di Ulangan 14:25-26 dan itupun ditulis jelas HARUS DIUANGKAN...
    (Ulangan 14:25-26)
    14:25 maka HARUSLAH ENGKAU MENGUANGKANNYA dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu,
    14:26 dan HARUSLAH ENGKAU MEMBELANJAKAN UANG ITU untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu.
    bagi yg menjawab/membantah dengan dalih ke-RELEVAN-an.... maka perlu diketahui bahwa pada masa itu sudah berlaku UANG (Dinar)...

    BalasHapus
  10. RALAT (untuk komentar di atas)...

    dari ALKITAB SETEBAL itu...... TIDAK SATUPUN AYAT yg menuliskan bahwa praktek persepuluhan dilakukan dalam bentuk uang.... satu2nya ayat yg menghubungkan persepuluhan dengan uang adalah di Ulangan 14:25-26 dan itupun ditulis jelas HARUS DIBELANJAKAN*...

    (Ulangan 14:25-26)
    14:25 maka HARUSLAH ENGKAU MENGUANGKANNYA dan membawa uang itu dalam bungkusan dan pergi ke tempat yang akan dipilih TUHAN, Allahmu,

    14:26 dan HARUSLAH ENGKAU MEMBELANJAKAN UANG ITU untuk segala yang disukai hatimu, untuk lembu sapi atau kambing domba, untuk anggur atau minuman yang memabukkan, atau apapun yang diingini hatimu, dan haruslah engkau makan di sana di hadapan TUHAN, Allahmu dan bersukaria, engkau dan seisi rumahmu.

    bagi yg menjawab/membantah dengan dalih ke-RELEVAN-an.... maka perlu diketahui bahwa pada masa itu sudah berlaku UANG (Dinar)...

    BalasHapus
  11. Perpuluhan diberikan setiap bulan bagi yang mendapat gaji bulanan

    BalasHapus
  12. Mari kita sama-sama imani. Tuhan pun bilang "ujilah Aku". Jadi memberikan perpuluhan haruslah kita berikan dgn apapun penghasilan yg kita punya yg relevan yg bsa digunakan untuk kemuliaan nama Bapa di Sorga. amin

    BalasHapus
  13. Mari kita sama-sama imani. Tuhan pun bilang "ujilah Aku". Jadi memberikan perpuluhan haruslah kita berikan dgn apapun penghasilan yg kita punya yg relevan yg bsa digunakan untuk kemuliaan nama Bapa di Sorga. amin

    BalasHapus